SHARE
Peresmian Empat SPBU CODO di Jalur Tol Cikopo, Subang, Sabtu (13/6). Foto: Reyza/

Subang, GEO ENERGI – PT Pertamina (Persero) meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkadar oktan 90 (pertalite) setelah Idul Fitri, pada Juli 2015. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Ahmad Bambang dalam peresmian Empat SPBU CODO di Jalur Tol Cikopo, Subang, Sabtu (13/6).

“Perseroan telah siap meluncurkan bensin jenis pertalite. Prosedur perizinan juga telah diselesaikan. Namun, kita mau fokus untuk mengawal suplai BBM dalam momentum arus mudik dan arus balik menjelang lebaran. Jadi, habis lebaran kami luncurkan,” kata Ahmad.

Kendati tanggal peluncuran belum ditentukan, Ahmad mengaku perseroan akan meluncurkan pertalite di beberapa kota di Indonesia. “Rencananya di beberapa kota,” tambahnya.

Terkait target penyerapan penggunaan pertalite, dia menargetkan perpindahan konsumsi premium sebanyak 30 persen setelah pertalite diluncurkan. Berdasarkan survei pasar Pertamina, target tersebut bisa dicapai jika selisih harga premium dan pertalite tak lebih dari Rp700 per liter. Artinya, kisaran harga pertalite sebesar Rp8.000 per liter, mengingat harga premium untuk wilayah Jawa, Madura, dan Bali saat ini Rp7.400 per liter.

Berdasarkan data GEO ENERGI, SPBU yang sudah siap menyalurkan pertalite adalah SPBU di area peristirahatan kilometer 102 jalur Tol Cikopo-Palimanan. SPBU jenis Corporate Own Dealer Operated (CODO) tersebut telah menyiapkan tangki untuk pertalite berkapasitas 30 kiloliter.(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here