SHARE
Foto: Geoenergi

Jakarta, GEO ENERGI– Menteri ESDM Sudirman Said dalam Seminar Nasional Kelembagaan Migas Konstitusional (11/6) di kompleks MPR-RI menjelaskan, bahwa pihaknya akan bertekad untuk menyelesaikan kasus-kasus yang saat ini sedang mendera dunia energi nasional. Kerusakan yang saat ini terjadi sudah sangat berakar, hingga perlu diselesaikan secara tuntas.

“Kerusakan di sektor energi sudah sangat kultural, sudah mencapai pada budaya, saya akan berdiri di depan untuk menyelesaikan masalah-masalah energi dan kebijakan negara ini,” jelasnya.

Menanggapi sorotan masyarakat tentang nasiolisasi di sektor migas, Sudirman Said menjalaskan perlu adaya pelurusan mengenai konsep nasionalisme. Nasionalisme jangan diartikan lebih sempit dengan pandangan bahwa semua harus ditangani oleh bangsa sendiri tanpa ada peran asing. Nasionalisme seseungguhnya adalah agar bangsa kita sejahtera dan dapat berkompetisi dengan bangsa lainnya.

“Industri migas di masa yang akan datang harus terbuka untuk global player, namun dengan kendali penuh oleh negara. Salah satu tantangan yang terberat adalah adanya tuntutan agar para penegak aturan dapat jujur dan bersih untuk menjaga kewibawaan, setelah bertahun-tahun dilumpuhkan oleh uang,” tegasnya. (ESDM/HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here