SHARE
Gunung Sinabung (ilustrasi)

Jakarta, GEO ENERGI – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat tidak mendekati Gunung Sinabung dalam radius 3-5 kilometer, pasca penetapan status ‘awas’ pada Selasa(2/6) lalu.

PVMBG meminta masyarakat berhati-hati dan mengikuti semua arahan diberikan. “Masyarakat di sekitar Gunung Sinabung diharap tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Sinabung dan senantiasa mengikuti arahan dari pemerintah kabupaten,” bunyi peringatan PVMBG, yang diterima Geo Energi di Jakarta, Kamis (4/6).

Dikatakan PVMBG, masyarakat yang berada di Desa Bekerah, Desa Kutatonggal, dan Desa Simacem Kecamatan Naman Teran, Desa Sukameriah dan Desa Gurunkinayan di Kecamatan Payung, serta Desa Berastepu, Desa Gamber, dan Dusun Sibintun di Kecamatan Simpang Empat, nantinya akan direlokasi mengingat daerah tersebut berada di radius 3 kilometer dan 4 kilometer.

“Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di dalam radius tujuh kilometer, yakni di Pasarpinter Gurukinayan-Simpang Sibintun/Perjumaan Batukejan, Jembatan Lau Benuken Tigapancur, Desa Tigapancur-Pejumaan Tigabogor, dan Desa Pintumbesi, segera dievakuasi ke daerah yang lebih aman,” jelas PVMBG.

Untuk diketahui, sejak Rabu (3/6) kemarin Gunung Sinabung masih berpotensi mengeluarkan erupsi yang bersifat eksplosif yang ancamannya bisa mencapai 3 hingga 4 km. Sehingga, aktifitas di kawasan Gunung Sinabung harus dihentikan.(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here