SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengaku optimis bahwa dalam lima tahun mendatang seluruh Indonesia bakal 100 persen teraliri listrik.

“Saya optimis, saat Indonesia menginjak usianya ke 75, seluruh wilayahnya telah dialiri listrik. Karena saat ini sudah sekitar 84 persen wilayah Indonesia teraliri listrik,” kata Sudiram Said, dalam Kumpul Media di Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (31/5).

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa seratus persen tersebut barangkali tidak persis seluruhnya terjangkau. Sebab, menurut dia ada daerah-daerah terpencil dan sangat sulit dijangkau. Karena itu, pemerintah akan memberikan bantuan berupa lampu tenaga surya kepada masyarakat di daerah yang sulit dijangkau.

“Lampu ini akan dijemur pada saat siang, dan malamnya dapat digunakan sebagai penerangan, minimal untuk anak-anak agar dapat belajar di malam hari,” kata dia, menjelaskan teknologi lampu tenaga surya.

Selain itu, ia memastikan pemerintah para mendorong investor untuk berinvestasi di sektor energi. Dalam lima tahun ke depan , ia menargetkan nilai investasi di sektor ini mencapai Rp4.000 triliun. Agar Indonesia 100 persen teraliri listrik, menurut dia yang harus dijaga adalah kemampuan pemerintah, BUMN dan IPP untuk mengelola proyek.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here