SHARE
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Jakarta, GEO ENERGI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengapresiasi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani atas keberhasilannya menjadikan Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai lokasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Keberhasilan tersebut, dikatakan Sudirman membantu pemerintah mewujudkan pemanfaatan EBT. Sehingga, Surabaya ditetapkan sebagai kota percontohan EBT. “Kami sepakat menjadikan Kota Surabaya sebagai percontohan EBT” kata Sudirman di kantornya, Jakarta, Jumat (29/5).

Hingga 3 tahun ke depan, menurut dia Surabaya bisa menjadi green city di Indonesia. Ia menjelaskan, energi yang sudah berhasil dikembangkan di kota ini antara lain energi listrik dari sampah (biomasa), energi listrik dari matahari (solar cell) dan penggunaan gas sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Dalam waktu dekat, permasalahan sampah menjadi andalan untuk biomasa. Ini harus bisa jalan,” kata Sudirman. Ia berjanji akan menggelar pertemuan untuk membahas pengembangan energi terbarukan, agar dapat diterapkan diseluruh kota di Indonesia.

“Kami akan menjalinm komunikasi satu sama lain. Para pemimpin akan berkumpul di Surabaya, dan teman-teman leader mendapat tugas untuk menata sektor ini,” tuturnya.(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here