SHARE
ILUSTRASI

Padang, GEO ENERGI – PT XL Axiata Tbk dijadwalkan menggelar 4G komersil tahap dua, pada akhir Juni mendatang. Jaringan generasi keempat di frekuensi 1800 MHz tersebut, dijadwalkan bakal dirilis di Lombok.

“Akhir Juni begitu selesai ULO (Uji Layak Operator, red), kami langsung minta Kominfo untuk sertifikasi,” kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, Jumat (29/5) di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat.

Ongki menjelaskan, selain XL, ketiga operator lain yang memperolehjatah spektrum LTE juga bakal mempersiapkan Uji Layak Operator selama Juni 2015. Karena itu, daerah-daerah yang sudah ditata seperti Maluku, Papua, dan Kalimantan TImur akan kebagian jaringan 4G komersil.

Sejauh ini, pihaknya masih dalam tahap proses untuk penataan darah Kalimantan Sealtan dan Barat. “Penataan 4G dilakukan secara langsung dan bertahap. XL digilir dengan Telkomsel dalam semalam. Kemudian Indosat dengan Hutchinson 3 dan Telkomsel.

Adapun skema penataannya, telah diatur oleh Menkominfo bersama keempat operator. Selama penataan, dikatakan Ongki, ada beberapa tantangan yang dihadapi. “Misalnya, ada komponen yang rusak. Tapi tak pernah sampai harus menunggu malam berikutnya di satu wilayah,” paparnya.

Ia menambahkan, kini XL fokus mengoptimalkan data network analytic untuk persiapan jaringan 4G. “Kita bisa ketahui, daerah mana yang paling siap dan paling butuh jaringan LTE. Termasuk untuk memasarkan produk-produk lain.”(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here