SHARE
Pelukis Indronoto di studio lukisnya, Depok, Jawa Barat

Jakarta, GEO ENERGI – Banyak cara dilakukan seniman untuk bereksperimen menciptakan karya seni. Salah satunya, seperti dilakukan Indronoto (28), pelukis asal Depok yang menggeluti seni lukis menggunakan api.

“Kegiatan lukis ini namanya pyrography,” katanya. Kata tersebut, menurut dia berasal dari bahasa Yunani yang artinya menggambar atau melukis menggunakan panas api,” papar Indronoto kepada GEO ENERGI di studionya, Kamis (28/5).

Tak mudah mempelajari teknik lukis ala Indronoto. Butuh beberapa tahun untuk mendapatkan teknik yang sesuai, sehingga bisa diciptakan karya unik dan indah, serta bernilai seni tinggi. “Saya mulai mendapatkan taste-nya lebih kurang satu-setengah tahun lalu, dan proses eksperimennya lebih dari dua tahun,” paparnya.

Ia menjelaskan, melukis dengan gaya pyrography mesti dilengkapi alat yang tidak lazim. Di antaranya kayu, api, torch gas, solder brower, korek torch, besi alumunium hingga sarung tangan antipanas.

Adapun jenis kayu yang selama ini ia gunakan, adalah jenis kayu luar, yang memiliki karakter khusus untuk disesuaikan dengan panas api.
“Saya menggunakan kayu jati Belanda. Tidak bisa menggunakan jenis kayu lokal. Karena, untuk melukis dengan dibakar, karakter kayu harus putih dan keras. Saya pernah mencoba menggunakan kayu jati lokal, dan hasilnya gagal,” tutupnya.(NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here