SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) akan menerbitkan Peraturan Menteri mengenai Harga Indeks Pasar (HIP) yang akan dijadikan acuan badan usaha dalam pembelian biodiesel dari produsen.
Penerbitan Permen tersebut menyusul telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2015 tentang Penghimpunan Dana Perkebunan serta Peraturan Presiden (Perpres) nomor 61 tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit.

Patokan harga tersebut terkait dengan kebijakan mandatori pencampuran 15 persen biodiesel ke dalam BBM yang dijual peritel BBM berlaku mulai 1 April 2015.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan HIP tersebut sesuai calon Permen ESDM itu dihitung berdasarkan formula baru, yaitu harga acuan crude palm oil (CPO)yang diterbitkan oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) ditambah US$ 125 per ton ditambah biaya kirim dari tempat produsen biofuel ke lokasi pengolahan milik Pertamina dan kawan-kawannya.

“Memang lebih rendah, kalau dulu HIP nya US$ 188 per ton tetapi tanpa tambahan biaya kirim. Kalau sekarang US$ 125 tetapi ditambah biaya kirim,” kata dia.

Terkait teknis pungutan CPO fund sebesar US$ 50 per ton untuk ekspor CPO dan US$ 30 per ton untuk ekspor produk turunannya, Dadan mengatakan pungutan tersebut tidak akan dibayarkan perusahaan pemilik kebun sawit dan eksportir bersamaan dengan bea keluar CPO.

“Saat ini sesuai aturan yang diterbitkan Kementerian Perdagangan, bea keluar 10 persen wajib dibayarkan oleh eksportir CPO ketika harga berada di atas batas US$ 750 per ton. Sementara jika dibawah itu, maka tidak ada bea keluar yang dikutip pemerintah,”tambah Dadan.

Menurut dia, kalaupun misalnya harga CPO nya jadi US$ 800 per ton, maka bea ekspornya kan jadi US$ 80 per ton maka Pemerintah yang akan mengatur sebesar US$ 30 atau US$ 50 per ton nya itu disisihkan sebagai CPO fund dan sisanya sebagai bea keluar yang masuk kas negara. “Tidak akan ada double charging untuk pengusaha sawit,” pungkas Dadan.(EBTKE/HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here