SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak usahanya, PT Internasional Prima Coal, mengakuisisi dua perusahaan batu bara pada Kamis (28/5). Perusahaan pelat merah ini mengakuisisi PT Tabalong Prima Resources (TPR) dan PT Mitra Hasrat Bersama (MHB).

Kedua perusahaan yang beroperasi secara terintegrasi itu berlokasi di Kalimantan, di mana TPR berlokasi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan dan MHB di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Informasi yang dihimpun GEO ENERGI, total akuisisi sekitar US$36 juta, atau sekitar Rp475,93 miliar (asumsi kurs Rp13.220 per dolar Amerika Serikat (AS). Sejauh ini, PTBA telah melakukan transaksi tahap awal sebesar US$12,3 juta, atau 34,7 persen dari nilai totalnya pada 28 Mei 2015.

“Selambat-lambatnya enam bulan sejak penandatanganan akte jual beli pada Kamis 28 Mei 2015, PT IPC sudah mengakuisisi 100 persen saham kedua perusahaan tersebut,” kata Sekretaris Perusahaan PTBA, Joko Pramono, di Jakarta, Jumat (29/5).

TPR memiliki sumber daya batu bara sebanyak 292 juta ton dan cadangan sebesar 109 juta ton di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP). Adapun MHB memiliki dermaga yang bisa disandari tongkang 300 feet atau sektiar 10.000 DWT, dan stockpile di atas 60 hektar.

“Dengan melakukan efisiensi di tengah pasar global batu bara yang sedang tidak kondusif, dan dengan dukungan sinergis strategis semua anak perusahaan, PTBA optimistis memenuhi target kinerja 2015,” kata Joko optimis.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here