SHARE
ILUSTRASI

Jambi, GEO ENERGI – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera membangun pembangkit listrik dengan kapasitas 100 megawatt (MW) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Pembangunan pembangkit baru ini guna memenuhi kebutuhan listrik di Jambi.

“Pembangkit ini nantinya bakal disuplai dari gas yang dialirkan oleh PetroChina, sebesar 5 BBUTD melalui proyek Compressed Natural Gas (CNG). Bekerja sama dengan PT Bumi Samudra Persada (BUMD) Tanjabtim,” kata Senior Engineer I Pengadaan Gas dan BBM PT PLN Pusat, Junaidi di Jambi, Kamis (28/5).

Dikatakan Junaidi, pembangunan gardu induk diperkirakan bisa selesai pada Juni 2016. Dengan beroperasinya pembangkit listrik tersebut, kebutuhan listrik di di wilayah ini bisa terpenuhi, bahkan berlebih.

Ia menjelaskan, sejauh ini rasio elektrifikasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mencapai 77 persen, dan saat ini kebutuhan listrik daerah ini defisit hingga 20-30 MW. Karena itu, ia berharap dengan selesainya pembangunan pembangkit ini akan mampu memenuhi kebutuhan defisit listrik dialami warga Tanjung Jabung Timur.

“Bila nanti berlebih bisa untuk suplai ke Palembang atau ke Jambi, atau ke wilayah lainnya seperti Bengkulu. “Harga ke pelanggan tetap sesuai dengan Tarif Dasar Listrik (TDL), meski untuk suplai tersebut PLN harus mengeluarkan Rp1.500/kwh,” jelas Junaidi.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here