SHARE
ILUSTRASI

Surabaya, GEO ENERGI – Masalah pasokan listrik di Sidoarjo, Jawa Timur membuat kalangan pengusaha mebel di kawasan tersebut terancam gagal kirim untuk para pemesannya di Eropa dan Amerika Serikat.

“Listrik yang sering padam membuat penyelesaian produksi mebel jadi terhambat,” kata Ketua Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) Jawa Timur, Nur Cahyudi di Surabaya, Ja Timur, Kamis (28/5).

Masalah pada pasokan listrik, menurut dia bisa berdampak pada melambatnya peningkatan ekspor mebel Jatim pada tahun ini. Sebab, furnitur merupakan salah satu dari 10 komoditas ekspor teratas Provinsi Jawa Timur.

Sejak bebrapa bulan terakhir, menurut dia layanan pasokan daya listrik dari PLN Sidoarjo sering padam beberapa jam. Bahkan, pemadaman bisa mencapai 12 jam dalam sehari. “Kondisi tersebut menghambat proses produk furnitur, termasuk produk yang diorientasikan ke pasar internasional.”

Sebagian industri furnitur di Kabupaten Sidoarjo, menurut dia berorientasi ekspor ke Eropa, Jepang, dan AS. Karena itu, tersendatnya layanan pasokan listrik bisa berakibat terlambatnya produksi furnitur tepat waktu.

Ia berharap, PLN Sidoarjo segera memperbaiki jaringan listrik maupun komponen yang menyebabkan tersendatnya pasokan listrik ke para pelanggan, terutama di kalangan sektor industri.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here