SHARE
Kantor Pusat PT Angkasa Pura II

Jakarta, GEO ENERGI – Anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI), PT Bahana Artha Ventura (BAV) kembali bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II dalam penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) 2015.

“Khusus sinergi penyaluran dana PKBL, AP II dan BAV ini telah berjalan 6 tahun. Ke depan BAV akan terus memaksimalkan pengelolaan dan perguliran dana-dana murah yang ditujukan untuk sektor UMKM,” kata Direktur Utama BAV, Andi Buchari di Jakarta, Kamis (28/5).

Dalam pesan tertulis yang diterima GEO ENERGI, Andi menyatakan kerja sama dengan AP II pada 2015 telah menyalurkan bantuan sebesar Rp7 miliar rupiah. Program ini, menurut dia berpatokan pada penerapan prinsip-prinsip prudentiality dan Good Corporate Governance.

Andi mengungkapkan, dana yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan pelat merah ini akan disalurkan BAV melalui lima jaringan Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD). “Di antaranya PT Sarana Sulawesi Tenggara Ventura, PT Sarana Sulawesi Utara Ventura, PT Sarana
Bali Ventura, PT Sarana NTB Ventura, dan PT Sarana Bengkulu Ventura,” jelasnya.

Andi berharap, penyaluran dana BAV bisa dimanfaatkan oleh para perusahaan pasangan usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh jaringan BAV dan PMVD, terutama untuk untuk membiayai pengembangan usaha diberbagai sektor.

“Ke depannya, BAV akan terus menjalin kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak, baik BUMN maupun swasta dalam program ini. Sehingga, diharapkan dapat ikut mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM, membuka kesempatan kerja dan mengembangkan
kewirausahaan,” tutur Andi.

Kerja sama antara PT Angkasapura II dengan BAV dan PMVD dalam penyaluran dana PKBL telah berlangsung sejak 2009. Hingga posisi per Desember 2014, secara akumulasi tersalurkan sebesar Rp77 miliar. Hingga akhir 2015, BAV optimis penyalurkan dana PKBL dari PT Angkasapura II bisa mencapai Rp84 miliar.

Sementara itu, per April 2015, BAV dan 27 PMVD anak usaha BAV yang tersebar di 26 provinsi, memiliki Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) lebih dari 46,000 PPU dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 1,2 juta orang. Perusahaan ini tercatat memiliki akumulasi dana yang telah digulirkan sebesar Rp7,2 triliun.‎(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here