SHARE
ILUSTRASI

Palu, GEO ENERGI – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Palu pada 2016. Pembangunan PLTU ini guna meningkatkan pasokan listrik bagi masyarakat dan industri di Sulawesi Tengah.

Manager Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Silae, Jatnika mengatakan lokasi pembangunan pembangkit yang menggunakan bahan bakar batu bara itu di Kabupaten Donggala, 40 kilometer arah utara Kota Palu. “PLTU berkapasitas 2 X 50 megawatt (MW),” katanya, Rabu (27/5).

Kapasitas pembangkit yang besar tersebut, menurut dia bisa memperkuat sistem kelistrikan Palu yang selama ini masih kurang. Sistem kelistrikan Palu, sejauh ini melayani Kota Palu berikut tiga kabupaten, yakni Parigi Moutong, Sigi dan Donggala.

Sejauh ini, Palu masih kekurangan daya listrik karena jumlah pelanggan PLN terus bertambah. Begitu PLTU beroperasi, maka sistem kelistrikan Palu tak lagi kekurangan daya.

Ia menjelaskan, pembangunan PLTU termasuk dalam program pemerintah pusat untuk membangun 35.000 MW pembangkit listrik di seluruh Indonesia. “PLN tidak bisa lagi mengandalkan PLTD, karena biaya operasional cukup tinggi.”(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here