SHARE
Mantan Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita Legowo

Jakarta, GEO ENERGI – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri memeriksa mantan Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita Legowo.

Evita diperiksa terkait penyidikan kasus dugaan korupsi dan pencucian uang dalam penjualan kondensat bagian negara, yang melibatkan SKK Migas dan PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI). “Dia sekarang sedang diperiksa,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Brigjen Victor E Simanjuntak, Rabu (27/5).

Informasi yang dihimpun Geoenergi, dalam kasus ini tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka, yakni RP, HW dan DH. Sejauh ini, penyidik telah memeriksa 29 saksi. Mereka berasal dari unsur SKK Migas, TPPI, Kementerian Keuangan, Pertamina dan Kementerian ESDM.

Kasus ini berawal pada Oktober 2008, di mana BP Migas menunjuk langsung PT TPPI dalam penjualan kondensat untuk periode 2009-2010. Penunjukan langsung ini dinilai menyalahi peraturan BP Migas Nomor KPTS-20/BP00000/2003-50 tentang Pedoman Tata Kerja Penunjukan Penjual Minyak Mentah/Kondesat Bagian Negara.

Termasuk melanggar Keputusan Kepala BP Migas Nomor KPTS-24/BP00000/2003-S0 tentang Pembentukan Tim Penunjukan Penjualan Minyak Mentah Bagian Negara. Akibat kasus ini, negara dirugikan sebesar 156 juta dolar AS atau Rp2 triliun.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here