SHARE
ILUSTRASI

Tulungagung, GEO ENERGI – Marinir Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut melakukan penyelaman bawah laut di sekitar Pantai Sine, Tulungagung, Jawa Timur, untuk menyurvei potensi terumbu karang di kawasan tersebut.

“Selain identifikasi jenis terumbu karang, kami melakukan pemetaan untuk rencana kegiatan konservasi terumbu karang di pesisir selatan Tulungagung,” kata Anggota Batalyon Bekpal Marinir Menbanpur Pasmar 1 Surabaya, Mayor (Mar) Mohammad Asad, Selasa (26/5/2015).

Pantauan Geoenergi, penyelaman dilakukan pada jarak 500 meter dari pantai dengan menggunakan kapal sekoci. Penyelaman juga melibatkan para ahli untuk mempelajari jenis terumbu karang yang berkembang di perairan tersebut.

Dikatakan Mohammad, survei dilakukan secara bertahap di area lepas Pantai Sine, yang luasnya tujuh hektare lebih. “Kegiatan dilakukan bertahap dengan membuat dan menanam, termasuk pemasangan terumbu karang di titik dasar pantai.”

Program pelestarian terumbu karang ini, menurut dia menjadi media pembelajaran bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir. Diharapkan, mereka memiliki kepedulian terhadap pelestarian terumbu karang Indonesia.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here