SHARE
Sumur Migas Blok Mahakam, Kalimantan Timur.

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah bakal ambil alih sepenuhnya pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur kepada PT Pertamina. Demikian pula dengan pengelolaan tambang emas di Papua, yang hingga kini masih dikuasai PT Freeport Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo kembali menegaskan, pemerintah pemerintah telah memutuskan pengelolaan Blok Mahakam akan diambilalih oleh pemerintah.

“Untuk Freeport, karena kontraknya baru habis tahun 2021, maka Kementerian ESDM akan menjaga agar secara bertahap kepemilikan Indonesia semakin besar,” kata Pratikno, dalam keterangan tertulis kepada Geoenergi, Senin (25/5).

Pantauan Geoenergi, kini Blok Mahakam masih dikelola oleh perusahaan migas asal Prancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp hingga 2017. Dikatakan Pratikno, pemerintah sedang melakukan terobosan pengelolaan sumber daya mineral melalui UU Mineral dan Batubara (Minerba) untuk mengatur hubungan antara negara dengan Freeport.

Pemutusan sepihak atas pengelolaan tambang emas dan tembaga di Provinsi Papua, menurut dia tidak akan menyelesaikan masalah. “Pemutusan sepihak akan memunculkan masalah baru, yakni ekonomi Papua akan terganggu dan masyarakat akan menderita,” paparnya.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here