SHARE
Istimewa

Batam, GEO ENERGI – Pemerintah Daerah harus dilibatkan dalam perizinan usaha minyak dan gas bumi untuk mendorong eksplorasi migas. Hal itu diungkapkan oleh pemerhati ekonomi Universitas Putra Batam, Suyono Saputra.

Karna itu, ia berharap pelibatan pemerintah daerah dimasukkan ke dalam RUU Migas yang kini sedang disusun DPR bersama pemerintah. “Seperti halnya usaha mineral dan batu bara,” kata dia di Batam, Kepulauan Riau, Senin (25/5).

Hubungan antara perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas dengan pemerintah daerah, menurut dia relatif tidak bagus. “Perusahaan migas merasa hubungannya dengan pemda sudah bagus dengan pemberian dana CSR,” paparnya.

Padahal, menurut dia, terdapat banyak persoalan dari proses eskplorasi migas di daerah. Persoalan-persoalan yang muncul, menurut dia pada akhirnya harus ditangani oleh pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyampaikan agar pemerintah daerah perlu bekerja sama dalam upaya eksplorasi migas di daerah yang bersangkutan.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here