SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Guna mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi, dengan perkiraan kebutuhan investasi lebih dari 50 juta dolar AS, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) segera membentuk tiga sentra ekonomi terpadu di kawasan Indonesia Timur.

“Pembangunan di Indonesia Timur kuncinya percepatan. Kami akan sampaikan pembentukkan ini ke Presiden Joko Widodo, sore nanti,” kata Ketua Bidang Investasi, Perbankan dan Usaha wilayah Timur Kadin Reza Maspaitella di sela Rapat Kerja Nasional Kadin di Jakarta, Senin (25/5).

Dikatakan Reza, tiga sentra ekonomi itu berlokasi di Maluku untuk sentra terpadu perikanan, Sulawesi Selatan untuk sentra terpadu pertanian, dan Nusa Tenggara Barat dan Timur untuk sentra ekonomi terpadu peternakan.

Presiden Joko Widodo, menurut dia dijadwalkan membuka secara resmi Rakernas Kadin, pada Senin sore ini. Pembentukan tiga sentra ekonomi tersebut, diketahui baru dalam tahap awal, dan bakal diperluas hingga ke kawasan-kawasan lain di Indonesia Timur.

Sejauh ini, perencanaan pembangunan tiga sentra itu sudah dilengkapi sejumlahpendukung dari hulu ke hilir. Untuk sentra perikanan di Maluku, menurut dia akan dibangun industri pengolahan produk bernilai tambah. “Akan dibangun Balai Latihan dan Pendidikan perikanan di kawasan tersebut,” papar dia.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here