SHARE
Kementerian Perdagangan memusnahkan ribuan selang karet pipa kompor gas LPG impor dari Cina, Jumat (22/5)

Jakarta, GEO ENERGI – Kementerian Perdagangan memusnahkan ribuan selang karet pipa kompor gas LPG impor dari Cina. Pemusnahan pipa dilakukan oleh Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (Ditjen SPK) Kementerian Perdagangan.

“Setelah dilakukan pengawasan oleh kemeterian, kami mendapati ada selang gas yang tidak sesuai SNI. Tentunya berbahaya bagi para konsumen, yaki masyarakat,” kata Direktur Jenderal SPK, Widodo di Jakarta, Jumat (22/5) sebelum pemusnahan dimulai.

Pantauan Kemendag menemukan selang berkode SNI No. 06-7213-06 Amd1: 2008, yang ternyata tak sesuai standar keamanan. Selang yang diproduksi PT. Mitra Lestari Sentosa (MLS) itu diimpor dari Cina. Sebanyak 1630 selang karet dan 360 selang dengan ring ditarik dari pasar dan dimusnahkan dengan cara dicacah dengan mesin pemotong.

Kemendag mengapresiasi kinerja PT MLS yang berpartisipasi dalam penarikan kembali produk dari pasaran. Kerugian MLS dari pemusnahan ini ditaksir sebesar Rp70-100 juta.

“Semua ini dilakukan agar tercapainya kesehatan, keselamatan dan keamanan untuk konsumen. Bayangkan jika selang yang hampir berjumlah 2000 ini digunakan konsumen, sangat mungkin akan terjadi kebakaran, kerugian dan kematian,” ujar Widodo.

Informasi yang dihimpun Geoenergi, mutu selang karet kompor gas dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya kecelakaan akibat meledaknya tabung gas. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here