SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Kementerian Perdagangan menemukan ribuan selang gas LPG yang tidak memenuhi standar keselamatan. Pada Jumat (22/5/2015), Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag, telah memusnahkan ribuan selang yang diimpor dari Cina tersebut.

Setelah dilakukan uji laboratorium, selang gas bermerek Capital itu terbukti tak layak pakai. Menurut dia, diameter dan kelenturan selang tidak sesuai standar. Selang diketahui produk PT Mitra Lestari Sentosa (MLS), yang diimpor dari Cina.

Kementerian Perdagangan segera melakukan tindakan tegas, dengan menarik produk tersebut dari pasaran untuk kemudian dimusnahkan. “Tindakan tegas oleh Ditjen SPK dilakukan untuk menghidarkan ekses negatif terkait kesehatan, keselamatan, dan keamanan serta persaingan usaha tidak sehat,” jelas Dirjen SPK Kementerian Perdagangan, Widodo.

Pemusnahan tersebut, menurut dia betujuan agar masyarakat lebih waspada saat membeli barang apapun. Konsumen diharapkan lebih kritis melihat kode SNI, karena saat ini banyak produk yang mencantumkan logo SNI dan kode palsu.

Ia mengimbau agar konsumen mengecek kembali kode SNI ke Kementerian Perdagangan. Pengecekan bakal dilakukan rutin setiap bulan, sehingga masyarakat bisa terhindar dari barang-barang palsu lainnya.(GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here