SHARE
ILUSTRASI

Pasaman, GEO ENERGI – Pemerintah Kabupetan Pasaman, Sumatera Barat bersiap membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Banyaknya aliran sungai dan panas bumi di kawasan ini, menjadikan Pasaman memiliki potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang besar.

“Tahun ini Pemkab Pasaman membangun tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Pembangunan dilakukan di Batanglubu, Kecamatan Rao Utara berkapasitas 5,09 mega watt,” kata Kabid Ketenagalistrikan dan Pengembangan Energi Dinas ESDM Pasaman, Asril Amir di Pasaman, Kamis (21/5/2015).

Selain pembangunan di Batangrubu, dua unit PLTMH bakal dilanjutkan di Kububaru, Kecamatan Mapattunggul dan PLTMH Aiamudiak, di Kecamatan Lubuk Sikaping, dianggarkan sebesar Rp500 juta.

Informasi yang dihimpun Geoenergi, Kabupaten Pasaman memiliki 18 unit PLTMH dengan kapasitas 302,6 kilo watt, yang mampu menerangi rumah masyarakat sebanyak 1.485 unit.

Selain PLTMH, terdapat Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga kecamatan, dengan kapasitas 35 kilo watt yang mampu menerangi 164 rumah. “Peluang investasi PLTM juga tinggi. Banyak sungai yang bisa digunakan, tapi kita harus pula melakukan kajian lingkungannya,” jelas Asril.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here