SHARE
ILUSTRASI

Manado, GEO ENERGI – Enam perusahaan asal Korea Selatan melakukan penjajakan untuk investasi bidang kelistrikan. Mereka tertarik berinvestasi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM), yang sudah tersebar di 20 lokasi di Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Himawan Hariyoga mengatakan, sebuah konsorsium berisi empat perusahaan Korea menyatakan serius membidik 20 lokasi bidang PLTBM.

“Sebagian besar investor Korea tertarik dengan sektor kelistrikan dari energi baru dan terbarukan. Ini cukup menggembirakan, mengingat sektor ini masuk dalam bidang usaha prioritas yang gencar di dorong pemerintah untuk mewujudkan program 35.000 MW dalam lima tahun,” paparnya.

Selain perusahaan asal Korsel, ada perusahaan asal Jerman yang juga tengah menjajaki potensi kerja sama ‘joint venture’ dengan PT PAL di bidang galangan kapal. Perusahaan tersebut bergerak di bidang usaha industri pendukung kepelabuhanan (materials handling and handling system).

“(Perusahaan) dari Taiwan juga ada yang melakukan penjajakan investasi dengan daerah setempat, termasuk di dalamnya sektor kemaritiman dan pariwisata,” katanya.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here