SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Eksporasi minyak dan gas perlu dukungan pemerintah daerah. Karena itu pemerintah daerah perlu bekerja sama untuk upaya eksplorasi migas. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.

“Pendekatan kita dengan pemerintah daerah sangat lemah. Ini adalah salah satu kelemahan kita, jangan malu mengakuinya,” kata Sudirman, dalam acara ‘Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition’ (IPA Convex), di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Padahal, menurut dia jika pemerintah daerah enggan membuka pintu bagi kepentingan industri migas, eksplorasi tidak bisa dilakukan. Ia meminta kepada para pihak yang berkepentingan agar menjaga kedekatan dan komunikasi dengan pemerintah daerah.

Apalagi, saat ini Indonesia tengah menghadapi anjloknya produksi minyak nasional. Karena itu, diperlukan usaha keras untuk segera menemukan dan mengeksplorasi cadangan migas yang baru.

“Kita masih dalam posisi seolah masih kondisi 20 tahun lalu, ketika masih surplus minyak. Belum ada regulasi terobosan dan tindakan mendasar untuk mengubah asumsi kita bukan lagi negara surplus minyak, tapi nett importir,” tegasnya.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here