SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEOENERGI – Sertifikasi tenaga kerja dan kontraktor, yang kini dipersiapkan pemerintah, diharapkan bisa memproteksi pasar konstruksi lokal untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal itu dinyatakan oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi).

“Gapensi menyambut baik rencana sertifikasi. Hanya saja, dengan catatan tidak mudah diborong oleh tenaga kerja dan kontraktor asing saat MEA diberlakukan,” kata Sekretaris Jenderal Gapensi, Andi Rukman, di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Dikatakan Andi Rukman, dengan adanya sertifikasi, nantinya jangan sampai kontraktor lokal mengalami kesulitan untuk meraih sertifikasi tenaga kerja kontraktor. “Gapensi usul agar sertifikasi bisa memproteksi pasar konstruksi lokal dari serbuan tenaga kerja dan kontraktor asing dalam pasar bebas Asean 2016.”

Dengan begitu, menurut dia kontraktor dan tenaga kerja lokal nantinya tetap menguasai pasar lokal. Pantauan Geoenergi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah menyiapkan penyederhanaan persyaratan sertifikasi dan izin usaha konstruksi. Sehingga, nantinya tidak menghambat kontraktor lokal untuk lebih berkembang.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here