SHARE
Kantor Pusat PT Pertamina (Persero)

Jakarta, GEO ENERGI – Para pemburu rente di sektor minyak dan gas disinyalir membangun image buruk ihwal PT Pertamina (Persero). Selama ini beredar kabar bahwa membangun kilang tidak ekonomis dan sdm Indonesia tak mampu mengelola migas.

“Persepsi itu dibangun, seolah-olah Pertamina lemah. Seolah-olah Pertamina tidak mampu, begitupun kalau kita bicara mau bangun kilang, seolah-olah kilang tidak ekonomis. Image itu dibangun supaya para pemburu rente itu tetep menikmati celah-celah itu,” kata Menteri ESDM Sudirman Said, dalam Dialog Energi di Jakarta, Minggu (17/5/2015).

Sudirman berkisah, di hari-hari pertama menjabat sebagai Menteri ESDM, banyak pihak masih mempersepsikan bahwa membangun kilang adalah langkah yang tidak efisien. “Jadi, jalan pikiran pedagang itu nyampe kedalem, harusnya pemerintah tidak berpikir begitu,” ujar Sudirman.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, menurut dia Pertamina berkewajiban menjalankan kebijakan Pemerintah, selain mencari keuntungan. Karena itu, menjadikan Pertamina ‘besar’ merupakan bagian dari tanggung jawab Pemerintah.

“Katakanlah, Pertamina belum mampu betulan, niat Pemerintah mau apa, kalau niatnya mau besar ya mesti dikasih kesempatan, itu saja jadi sesuatu yang sebetulnya secara logika gampang saja dan sekarang sedang dikerjakan dan pemerintah berkewajiban membesarkan Pertamina,” tegas Sudirman.(AB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here