SHARE
Foto: Geo Energi/Affan

Jakarta, GEO ENERGI – Dalam pertemuan Indonesia Gas Industrial Gathering bertajuk “Global Oil and Gas Outlook” di Jakarta, Rabu (13/5), Fereidun Fesharaki, Chairman dari FGE dan analis migas senior asal Iran mengatakan bahwa saat ini negara yang tepat disebut sebagai negara adidaya energi adalah Amerika Serikat. Pernyataanya ini didukung dengan data dan statistik melalui riset FGE yang ia pimpin. Ia sampaikan data-data dan hasilnya di depan hadirin peserta acara. Poin-poin nya adalah sebagai berikut:

Pertama, Amerika adalah produsen kondensat terbesar di dunia. Saat ini Amerika mampu memproduksi kondensat sebesar 1 milliar BCPMM per hari.

Kedua, Amerika adalah eksportir produk sulingan terbesar di dunia karena menurut Fereidun Amerika adalah produsen refined products terbesar di dunia.

Ketiga, U.S adalah eksportir LPG besar di dunia.

“Dalam periode 6 bulan terakhir, Amerika mampu mengalahkan Iran, Arab Saudi, Abu Dhabi. Amerika tidak perlu menyesuaikan harga LPG nya dengan harga internasional karena harga internasional justru menyocokan harganya menurut harga Amerika Serikat,” ujar Fereidun.

Keempat, Amerika adalah eskportir petrochemical yang sedang naik daun.

Kelima, Amerika ada diantara tiga eksportir LNG terbesar di dunia selain Iran dan Arab Saudi.

Keenam, Amerika adalah salah satu penguasa ekspor batubara di dunia. Walaupun Amerika sudah lama dikenal sebagai pengeskpor batubara, penjualan Amerika di Eropa meningkat signifikan sebesar 6% dalam beberapa tahun terakhir.

Ketujuh dan terakhir, kontribusi Amerika bagi Opec, telah menambah ukuran produksi minyak Opec sebanyak 5 juta per hari.

“Dalam beberapa tahun terakhir Amerika dianggap sebagai produsen minyak dengan bertambahnya kemampuan produksi 1,6 miliar barrel per hari ditambah produksi dasar sebanyak 5 juta barrel per hari dibandingkan negara timur tengah seperti Arab Saudi, dan Qatar yang hanya memproduksi 3,8 miliar perhari. Momentum ini menurut saya dapat bertahan sampai 2016. “Harga natural gas di Amerika hanya 2 dollar 42 cent. Paling murah. Jadi jika anda menginginkan gas yang murah ya anda beli disana saja,” tutup Fereidun. (FAT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here