SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah pusat dalam mendukung penuh tercapainya “Nawa Cita” Presiden Jokowi.

Ketua Umum Apkasi Mardani Maming menyampaikan laporan hasil musyawarah nasional (Munas) Apkasi IV dalam pidato penyambutan acara Apkasi International Trade and Investment (AITIS) pada Rabu, 13 Mei 2015. Beliau menyatakan bahwa Apkasi akan menjadi mitra srtrategis pemerintah pusat yang memiliki tujuan mewujudkan pembangunan nasional.

“Kami berharap presiden dan atau pemerintah pusat menerima keberadaan kami sebagai mitra, dan kami berharap Apkasi turut dilibatkan dalam setiap pembhasan kebijakan yang menyangkut kepentingan dan nasib masyarakat di daerah kabupaten,” ujar Mardani.

Selama keberjalanannya, Apkasi merasa bahwa Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah malah tidak sejalan dengan konsensus reformasi dan amanat UUD 1945 tentang pelaksanaan otonomi daerah. Dimana kewenangan kepala daerah kabupaten/kota menjadi tereduksi, ditarik kembali ke tangan pemerintah pusat, bahkan ke tingkat pusat.

“Pada Munas kemarin, segenap peserta sepakat memohon kepada pemerintah pusat untuk merevisi undang-undang yang dinilai telah mereduksi kewenangan kami,”tutup Mardani yang juga merupakan Bupati Tanah Bumbu.(GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here