SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Total Prancis menepis kabar dari televisi nasional Kuba yang mengatakan bahwa walikotanya telah menandatangani perjanjian eksplorasi minyak dengan Prancis saat kunjungan Presiden Prancis François Hollande Senin (11/5).

Agensi media milik negara memberitakan bahwa di tanggal tersebut Total telah menandatangani eksplorasi offshore dengan perusahaan nasional Kuba CubaPetroleo (Cupet). Berita ini segera disanggah oleh Total. Berdasarkan laporan tahunan Total, perusahaan tersebut tidak melakukan kegiatan eksplorasi di Kuba saat in, dan tahun lalu perusahaan tersebut hanya memelihara aktivitas penjualan yang terbatas untuk produk khusus di Kuba.

Hallande dan kelompok pengusaha Prancis tengah memfokuskan diri untuk memperkuat hubungan diplomatik dan bisnis lima tahun lalu, setelah deklarasi pengeduran antara Kuba dan Amerika Serikat.

“Prancis akan melakukan apapun semampunya untuk membantu dalam mengukur kerusakan serius pada pengembangan di Kuba,” ujar Hollande saat berpidato di University of Havana (11/5).

Diploma dari Uni Eropa, Jepang, Rusia, Itali dan Belanda telah datang mengunjungi Kuba beberapa bulan belakangan ini mencari untuk membangun atau mempertahankan hungungan baik dengan negara kepulauan, dimana dengan menghangatnya hubungan AS-Kuba akan mempengaruhi daya tarik ekonomi dari negara tersebut.

Para diploma tersebut tergabung oleh ketertarikan pimpinan bisnis yang tertarik dengan usaha Kuba untuk menjalankan investasi internasional baru senilai US$ 80 miliar sebagai bagian dari memperluas strategi ekonomi liberal. (GDH/RE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here