SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menyelenggarakan Apkasi International Trade and Investment (AITIS) kesebelas dalam upaya membuka peluang kerja sama antar pemerintah dalam negeri dan luar negeri.

“AITIS kesebelas kali ini difokuskan pada jejaring kerjasama pemerintah dalam dan luar negeri guna mendukung Indonesia dalam memajukan ekonomi daerah,” ujar Ketua Apkasi Mardani H. Maming pada pidato pembukaannya di JIEXPO, Jakarta (13/5). AITIS kesebelas ini diadakan dalam tiga hari, yaitu tanggal 13-15 Mei 2015 di JIEXPO, Kemyoran.

Perekonomian yang dimaksudkan adalah ekonomi usaha kecil dan menengah (UKM) di daerah, wisata di daerah, ekonomi hijau serta ekonomi biru. Kegiatan ini didukung oleh P20 -organisasi internasional untuk perubahan iklim- dan Forseaa (Forum UKM Afrika dan Asean).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, AITIS tahun ini juga tidak hanya diikuti kabupaten selaku anggota Apkasi, tapi juga pemerintah kota, provinsi, lembaga kementerian dan kalangan swasta nasional maupun internasional. Kegiatan ini diharapkan dapat wadah untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui perdagangan dan investasi.

Pada kegiatan ini, tidak hanya dalam bentuk pameran berbagai produk unggulan dan peluang investasi para peserta pameran, tapi juga diadakan diskusi bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dan pelaku usaha lokal dengan para trader dan investor dalam negeri.Forum internasional pun akan diadakan dalam bentuk investment forum antara pelaku bisnis di Pakistan, Cina dan Kanada dengan para bupati.

Total ada 173 peserta yang menempati 365 stand di AITIS yang terdiri dari 305 stand dari pemerintah kabupaten, 22 stand pemerintah provinsi, 18 stand kementerian, 10 stand swasta nasional dan 10 stand internasional.

“Apkasi sebagai mitra strategis pemerintah akan berupaya mewujudkkan cita-cta pembangunan nasional Presiden yang tertuang dalam Nawa Cita, yaitu terciptanya kemandirian perekonomian daerah, terutama kabupaten di seluruh Indonesia,” tutup Mardani. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here