SHARE
Foto: Geo Energi/Hermana

Jakarta, GEO ENERGI – Elektrifikasi di kabupaten Sanggau diperkirakan belum bisa mewujudkan target program daerah perbatasan terang benderang pemerintahan Jokowi 17 Agustus nanti, 32% wilayah masih belum teraliri listrik.

“Sangat sulit untuk membuat jaringan PLN di desa dan dusun daerah perbatasan di Sangau ini. Jadi kita buat PLTMH dan PLTS,” ujar Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot di Cikini, Jakarta (10/5).

Untuk mengejar target daerah terang benderang Presiden Jokowi pada 17 Agustus nanti masih ada sekitar 32% dari total wilayah yang masih belum mendapat listrik, terutama di desa dan dusun di kabupaten tersebut.

“Dari pembangunan jaringan PLN, PLTS dan PLTMH yang sudah ada, ibukota dan kecamatan sudah terang benderang. Tapi desa dan dusun ini belum,” kata Yohanes.

Untuk tahun ini Pemda Sanggau telah membangun PLTMH dan PLTS lagi untuk menghidupkan listrik di 11 dusun di daerah perbatasan dari total 90 dusun yang ada di Sanggau.

“Untuk mengejar 32% sisanya selesei di 17 Agustus nanti tidak mungkin, karena selain jarak antar dusun berjauhan, APBD pun tidak cukup untuk membiayai pembangunan. Maka diharapakan ada bantuan dari APBN,” pungkas Yohanes. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here