SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – PT. Trakindo Utama (Trakindo) penyedia solusi alat berat Caterpillar, memperkokoh komitmen Perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional secara aman dan bertanggung jawab melalui keseriusan dalam penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L). Seiring pertumbuhan bisnis sejak berdiri di 1970, Trakindo berkomitmen dalam menjalankan sistem manajemen K3L dan mengalami berbagai penyempurnaan hingga kini mengaplikasikan sistem sertifikasi tunggal untuk OHSAS 18001 dan ISO 14001.

Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perusahaan diatur pemerintah dalam Undang-Undang (UU) no.1 tahun 1970. UU Keselamatan Kerja ini memberikan perlindungan atas keselamatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja dengan salah satu tujuan utama untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Sedangkan UU no.32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bertujuan melindungi negara dari kerusakan dan menghadirkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai hak asasi warga negara Indonesia.

Maria T. Kurniawati, Chief Administration Officer PT. Trakindo Utama menjelaskan dalam acara Bincang Perspektif di The Energy Building, Rabu (06/05), “Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) adalah aspek yang sangat penting dalam segala aktivitas operasional. Kami percaya dengan menjiwai K3L, tidak hanya dapat memberikan perlindungan bagi pekerja, lingkungan hidup dan masyarakat, namun juga meningkatkan produktivitas kerja dan daya saing. Berdasarkan komitmen tinggi untuk mewujudkan budaya K3L, kami berusaha untuk melakukan lebih dari standar kepatuhan. Selain menjaga untuk selalu menaati UU tentang Keselamatan Kerja dan UU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, juga peraturan lainnya, kami berusaha untuk melangkah lebih jauh, salah satunya melalui sertifikasi standar internasional OHSAS dan ISO pada seluruh cabang Trakindo di Indonesia.”

Sistem manajemen K3L Trakindo berdasarkan pada standar Occupational Safety Health Assessment Series (OHSAS) 18001 dan ISO 14001, serta Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) yang diterapkan pemerintah. Hingga tahun 2014, 68 kantor cabang Trakindo di seluruh Indonesia telah memperoleh sertifikasi OHSAS 18001 dan ISO 14001. OHSAS 18001 merupakan standar internasional penerapan sistem manajemen kesalamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja. Sedangkan ISO 14001 merupakan standar internasional bidang manajemen lingkungan untuk membantu organisasi di seluruh dunia dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan lingkungannya. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here