SHARE
Foto: imgur

Jakarta, GEO ENERGI – Industri mobil keluaran Jerman Audi telah menemukan bahan bakar diesel dengan karbon netral yang dibuat menggunakan karbon dioksida, air dan energi terbarukan.

Baru-baru ini, mobil Jerman telah membuat pembangkit listrik di Dresden yang dioperasikan oleh perusahaan kecil yang disebut Sunfire. Kapasitas yang akan diproduksi sekitar 3000 liter dalam beberapa bulan ke depan.

Produk dasar buatan Sunfire itu disebut “blue crude” dimana dibuat melalui tiga tahap. Pertama adalah menggunakan energi terbarukan seperti surya, angin dan air hydro. Tahap selanjutnya adalah pemisahan air menjadi oksigen dan hidrogen murni melalui elektrolisis yang setimbang. Terakhir, proses pencampuran hidrogen murni dengan karbon monoksida di suhu tinggi sehingga terbentuklah “blue crude”.

Blue crude tersebut diolah dan dikonversi menjadi e-diesel. Produk e-diesel dapat dikombinasikan dengan diesel konvensional yang sudah ada atau menggunakan teknologi e-diesel itu sendiri untuk penggunaan yang lebih ekonomis.

“Jika kita sudah ada pesanan, kami sudah siap mengkormesilkan teknologi kami,” ujar CTO Sunfire Christian von Olshausen (30/4). Disebutkan bahwa efisiensi e-diesel mencapai 70%. Ini menunjukkan versi e-diesel kali ini masih bitih dicampurkan dengan diesel konvesional untuk menghasilkan efisiensi 100%. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here