SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Puluhan Karyawan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), kembali mendatangi Kantor Kementerian Badan usaha Milik Negara (BUMN), untuk meminta pertanggungjawapan pembayaran gaji karyawan selama 17 bulan.

Senior awak kabin PT Merpati Tringgarto mengatakan, pihaknya menuntut Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno memenuhi janji unttuk membayar kewajiban kurang lebih 1.200 karyawan.

” Kami ingin mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya pak Jokowi dan ibu Rini. Kami menuntut hak normatif kami yang belum dibayarkan perusahaan selama 17 bulan,” katanya pada wartawan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Selain tunggakan gaji selama 17 bulan, kata Tringgarto, pemerintah juga wajib membayarkan denda atas keterlambatan pembayaran gaji tersebut, tunjangan hari raya (THR), serta iuran BPJS Ketenagakerjaan karyawan yang tidak membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dibayar sejak 2009 hingga 2014.

” 17 bulan gaji dan denda karena sesuai UU harus ada dendanya, premi Jamsostek kami juga bulan Desember 2013 dan Januari 2014, dan THR 2013 yang masih dibayar 50% serta 2014 belum sama sekali,” jelasnya.

Akibatnya, sebagian besar karyawan Merpati kini mengalami kondisi yang tidak wajar yang berakhir kematian.

” Tolonglah kami dan beri perhatian kepada kami. Kiranya pak Jokowi dan ibu Rini tengoklah anak istri kami,” tutupnya. (REZ)

2 COMMENTS

  1. Setiap pekerja di negri ini hak haknya dilindungi oleh undang undan dan peraturan peraturan yg dibuat pemerintah.dan karyawan merpati adalah karyawan perusahaan milik negara.lalu kenapa karyawan merpati diperlakukan seperti ini .dibiarkan hak haknya tidak diberikan. Lalu untuk apa undang undang dan peraturan itu dibuat.

  2. Setiap pekerja di negri ini hak haknya dilindungi oleh undang undan dan peraturan peraturan yg dibuat pemerintah.dan karyawan merpati adalah karyawan perusahaan milik negara.lalu kenapa karyawan merpati diperlakukan seperti ini .dibiarkan hak haknya tidak diberikan. Lalu untuk apa undang undang dan peraturan itu dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here