SHARE
Foto: Affan/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Bukan hanya di darat dan di laut saja perkembangan transportasi maju pesat, sebentar lagi kita akan bisa menikmati perjalanan lewat “taksi udara” bersama helicopter Robinson 66. Executive Direktor, Datuk James Greaves yang mewakili PT.Solaire Helicopters Indonesia besama Direktur Asia Aero Technology, Bagas Adhadirgha menandatangani kontrak kerjasama hari ini di Bumi Perkemahan Cibubur (28/4).

“Kontrak kerjasama ini adalah kontrak area untuk membuat garasi helicopter Robinson R.66 (Hanggar) yang memiliki luas 34 meter x 24 meter. Namun tempat itu akan dibagi tiga nantinya sehingga Robinson R.66 menempati ukuran 11,3 meter x 8 meter. Selebihnya untuk helicopter jenis lain dan air bus “ kata Bagas.

Ia juga memberikan penjelasan, pada tahap pembangunan itu R.66 akan memanfaatkan lahan hanggarnya, yang akan juga digunakan sebagian kecil untuk kantor PT Solaire Helicopters Indonesia dengan bangunan dua lantai. Diharapkan dalam waktu dua bulan ini pembangunan untuk hanggar dan kantor sudah selesai.

“Kami berharap, akhirJuni atau awal Juli nanti, helicopters Robinson R.66 sudah bisa melaunching dan beroperasi yang siap untuk membawa penumpang ke daerah-daerah yang diinginkan ataupun daerah-daerah yang sulit dijangkau.” Kata James asal British yang tinggal di Malaysia dan mendapatkan gelar Datuk karena menikah dengan gadis Malaysia keturunan kerajaan di negri Jiran itu.

Helicopter R.66 ini berasal dari Toorance, California-Los Angeles merupakan pesawat yang dirancang dengan interior cantik yang bisa ditumpangi oleh dua orang di depan bersama pilot dan tiga orang di belakang. Tahun lalu James yang juga seorang pilot telah mencoba menerbangkan R.66 dari Kuala Lumpur-Bali -Jakarta-Kuala Lumpur. Ia juga pernah menerbangkan R.66 keliling Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok.

Menurutnya transportasi dengan menggunakan helicopter merupakan lifestyle/gaya hidup ke kinian di samping sebagai alat transportasi pilihan dan alternatif bagi para eksekutif, orang-orang sibuk yang menginginkan perjalanan pribadi, maupun hanya sekedar untuk rekreasi, kerja ataupun urusan bisnis.

“Helicopter ini terdiri dari tiga pilihan warna putih, merah dan abu-abu yang mempunyai berbagai fungsi. Antara lain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan transportasi polisi di udara yang bisa mendeteksi tempat ataupun orang-orang yang dicurigai/penjahat, Jenis kedua yang bisa beroperasi di air dan yang ketiga untuk operational di darat. Helicopter R.66 ini juga bisa berfungsi sebagai dan pendeteksi dan memonitoring bila ada kebocoran LNG Vessel yaitu kebocoran LNG sebelum kapal merapat ke dermaga selain juga sebagai survey lidar yaitu areal foto survey untuk geologist. “ jelas James

Dari kontrak tersebut baik Bagas maupun James sama-sama berharap dapat berjalan lancar ke depannya, sehingga R.66 dikenal masyarakat luas sebagai saran alternatif transportasi udara yang elegan namun murah bukan hanya sekedar bagi para turis, pebisnis, maupun untuk orang-orang pekerja yang melewati medan yang sulit supaya tidak kena si ‘komo’ karena macet, (SUN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here