SHARE
Foto: Geo Energi/Septy

Jakarta, GEO ENERGI – Untuk negara berkembang seperti Indonesia, kebutuhan terhadap energi dipastikan kian melonjak setiap waktunya. Ketergantungan pada minyak dan gas akan berdampak pada kelangkaan energi dan juga masalah lingkungan. Kendati demikian, ABB tetap meyakini dan optimis Indonesia akan menjadi salah satu pusat energi terbarukan di kawasan Asia.

Di Indonesia sendiri, ABB telah membangun kerjasama dengan PLN dalam pendayagunaan sumber energi terbarukan untuk memasok listrik bagi masyarakat di Pegunungan Bintang, Oksibil, 3.000 kaki di atas permukaan laut, di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

“PLN telah membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya tertinggi di dunia, off-grid dengan 1.280 modul surya yang mampu menghasilkan 300KW tenaga listrik. Kontribusi ABB dalam proyek ini adalah dalam hal penyediaan sistem penyimpanan energi (ESS). Dengan ESS, kelebihan listrik yang dihasilkan setiap harinya akan disimpan untuk selanjutnya dan dapat didistribusikan pada malam hari atau kapanpun bila diperlukan,” papar Johan de Villiers, Managing Director ABB South East Asia, dalam diskusi Panel di Jakarta Selatan, Selasa (21/04).

Johan menambahkan, Pada bulan Desember 2015 mendatang, para pemimpin dunia akan bertemu di Paris guna membangun kesepakatan tentang langkah-langkah global dalam membatasi emisi karbon. Dengan demikian, 2015 akan tercatat sebagai tahun penting dalam mengatasi perubahan iklim. ABB sendiri telah menunjukkan bahwa penerapan teknologi baru dapat mengurangi kerugian energi sebanyak setengah dalam rantai nilai listrik.

“Melalui penerapan dan pendayagunaan energi terbarukan, teknologi hemat energi dan solusi transportasi berkelanjutan secara konsisten dan meluas, kita akan mampu menjadikan laju ekonomi tumbuh secara mandiri dan lepas dari gangguan konsumsi energi yang tidak efisien serta polusi lingkungan yang selama ini ditimbulkan. Ini selaras dengan visi ABB dalam mendukung tersedianya energi dan terwujudnya produktivitas untuk dunia yang lebih baik,” ujar Johan.

Inovasi teknologi dari ABB dalam mengoptimalkan pendayagunaan sumber energi terbarukan merupakan dukungan terhadap upaya Pemerintah Indonesia dalam melakukan konservasi energi dan budidaya seperti tertuang melalui Peraturan Pemerintah Nomer 70 Tahun 2009 tentang Konversi Energi. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here