SHARE
Foto: Geo Energi/Affan

Jakarta, GEO ENERGI – MedcoEnergi, sebuah perusahaan publik energi terpadu telah memiliki operasi di Indonesia termasuk diantaranya 9 blok minyak dan gas, dan juga memiliki partisipasi ekonomi di sebuah lapangan eksplorasi. Kali ini, MedcoEnergi di tahun 2014 lalu juga berhasil menambah kembali daftar aset migasnya di arena Internasional melalui akuisisi satu lisensi eksplorasi di Papua Nugini dan delapan konsesi di Tunisia, serta juga memenangkan tender satu blok eksplorasi di Oman.

Saat ini, ke delapan blok baru di Tunisia telah menambah produksi dan cadangan 2P Migas Perseroan, masing-masing sebesar 2.500 BOEPD dan 12 MMBOE. Pengembangan lebih lanjut aset migas di Tunisia ditargetkan akan dapat menambah produksi hingga 16.000 BOEPD di tahun 2019 mendatang.

Hal ini dikatakan Lukman Mahfoedz, Direktur Utama MedcoEnergi sebagai salah satu wujud keberhasilannya menutup tahun 2014 dengan kinerja operasi dan keuangan yang cukup signifikan.

“Kami menutup tahun 2014 dengan berhasil mempertahankan kinerja operasi dan keuangan perseroan. Dua proyek Perseroan yang paling utama saat ini, Proyek Senoro Gas dan Donggi Senoro LNG telah siap beroperasi mulai pertengahan tahun 2015 ini dan akan memberikan kontribusi signifikan atas pendapatan MedcoEnergi selama puluhan tahun ke depan dan memberi manfaat bagi para pemegang saham dan juga pemerintah Indonesia. Kontribusi MendcoEnergi dari bagi hasil Migas dan pajak pada pemerintah Indonesia di tahun 2014 dan 2013 berturut-turut adalah sebesar AS$680 juta dan AS$868 juta. Sementara selama 14 tahun terakhir, total kontribusi MedcoEnergi ke Pemerintah adalah sebesar AS$11,8 milyar,” papar Lukman di Konferensi Pers RUPST MedcoEnergi di Jakarta, Senin (20/04).

Ia juga menambhakan bahwa dalam mengantisipasi melemahnya harga minyak, Perseroan akan terus melanjutkan usaha efisiensi dan juga efektivitas secara lebih ketat, melangkah dengan kehati-hatian terutama pada masa-masa yang penuh tantangan saat ini dan juga di masa yang akan datang. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here