SHARE
Foto: Waspada

Jakarta, GEO ENERGI – Mantan Menteri ESDM Jero Wacik meminta kepada hakim mencabut status tersangka yang dialamatkan kepada dirinya. Permohonan ini dia nyatakan dalam gugatan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jero ditetapkan tersangka atas dugaan menyalahgunakan wewenang saat menjadi menteri budaya dan pariwisata periode 2008-2011 dan Menteri ESDM periode 2011-2013. Ia pun mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Pengacara Jero Wacik, Hinca Panjaitan menilai penetapan tersangka terhadap kliennya tidak sah. Untuk itu dia meminta kepada hakim membatalkan status tersangka tersebut. Ia pun optimis permohonannya akan dikabulkan hakim.

“Menurut kami penetapan tersangka terhadap 2 kasus, sebagai Menteri ESDM dan satu lagi ketika menjadi Menbudpar tidak sah. Dua ini tidak memenuhi kaidah menurut kami,” jelas Hinca di PN Jaksel, Senin (20/4).

Berbeda dengan gugatan praperadilan yang diajukan tersangka KPK lainnya, dalam gugatan praperadilan yang dimohonkan Jero Wacik tidak meminta ganti rugi sejumlah uang. Bagi politisi Partai Demokrat ini pencabutan status tersangka merupakan hal yang utama dalam permohonannya.

“Pak Jero bukan soal angka karena dia merasa nilai-nilai keadilan yang dirampas. Jero tidak menuntut sepeserpun. Dia hanya ingin memulihkan nama baiknya, sudah 7 bulan tidak disentuh-sentuh,” punngkas Hinca. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here