SHARE
Foto: Albert/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Energi Baru Terbarukan yang digadang-gadang sebagai energi masa depan bangsa Indonesia, untuk meningkatkan pengembangan dan pemanfaatannya pada tahun 2016 mendatang Kementerian ESDM berencana akan mengusulkan alokasi anggaran hingga 10 kali lipat dari anggaran sebelumnya. Anggaran pengembangan dan pemanfaatan EBT tahun 2015 ini sebesar Rp 1 triliun dengan kenaikan 10 kali lipat tersebut maka anggaran ebt akan menjadi Rp 10 triliun.

“ Presiden memberi arahan, APBN 2016 mendatang harus menunjukkan perubahan cara kita melihat masalah, kedepan Kementerian ESDM akan fokus pada penegmbangan energi baru terbarukan karena itu secara porsi jumlah yang akan dialokasikan, keseluruhan maupun porsinya energi baru akan meningkat tajam,” ujar Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said seperti yang dikutip dari situs Kementerian ESDM, Senin (20/4/2015).

Mengenai besaran anggaran pengembangan dan pemanfaatan ebt yang akan diusulkan pada APBN 2016 mendatang tersebut, Sudirman mengatakan, akan mencapai 10 kali lipat dari saat ini yang mencapai Rp 1 trilun.” Kita akan mengusulkan jumlah yang akan signifikan kenaikannya, anggaran yang diusulkan akan mencapai 10 kali lipat itu direncanakan akan dipergunakan sebagai stimulus pengembangan dan pemanfaatan ebt seperti, membangun pasar agar demandnya meningkat sehingga semakin lama industri energi juga akan masuk energi baru terbarukan karena selama ini belum cukup menarik, jelas Sudirman.

” Kita akan ajukan Rp 25 triliun dan Rp 10 triliun diantaranya itu adalah untuk energi terbarukan, itu artinya naik 10 kalii lipat untuk energi baru terbarukan dibanding dengan spending atau pengeluaran selama ini,” tutup Sudirman. ‎(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here