SHARE
Foto:petro.no

Jakarta, GEO ENERGI – Statoil ASA dan partnernya telah membuat status “proven” pada kolom gas 38 meter di formasi Nise melalui sumur eksplorasi pada prospek the Roald Rygg, mengategorikannya sebagai reservoir dengan kualitas “sangat baik”.

Pengeboran dilakukan menggunakan rig pengeboran Spitsbergen milik Transocean Ltd., sumur tersebut berlokasi tujuh kilometer ke barat dari penemuan Snefrid Nord, mencapai kedalaman vertikal 3.296 m di 1.287 m air, dihentikan di formasi Kvitnos di Upper Cretaceous.

Pada 18 Maret 2015, Snefrid Nord adalah penemuan pertama di musim semi ini oleh Statoil di area Aasta Hansteen, Laut Norwegia.

Statoil mengestimasikan volum di Roald Rydd pada kisaran 12-44 juta dan dapat direcover. Total volum estimasi di dua daerah penemuan menambah dekitar 25 persen volum recoverable Aasta Hansteen.

“Statoil telah menyelesaikan program 2 sumur eksplorasi yang ditargetkan di sekitar Aasta Hansteen, yang ditujukan untuk menguji potensi tambahan di wilayah tersebut dan membuat proyek Aasta Hansteen lebih kuat,” kata Irene Rummelhoff, Senior Vice President Statoil, di Norwegia (13/4).

“Kedua sumur, Snefrid Nord dan Roald Rygg, merupakan penemuan yang menarik, dimana akan dievaluasi lebih jauh untuk membangun infrastruktur Aasta Hansteen yang akan datang,” jelas Rummelhoff. Produksi dari Aasta Hansteen diperkirakan akan diluncurkan di 2017.

Sumur tersebut adalah sumur yang pembagian equity telah dinaikkan awal tahun ini oleh Statoil melalui transaksi dengan Rocksource ASA dan Atlantix Petroleum Norge AS. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here