SHARE
Foto: Albert/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Untuk memenuhi ketahanan energi, pemerintah seharusnya mendukung dan menyerahkan hak monopoli sepenuhnya kepada badan usaha milik negara (BUMN).

“Sudah seharusnya BUMN yang menguasai industri sektor gas. Akan tetapi dalam keberjalanannya, pemerintah pun harus menjamin tiga hal – pasokan gas yang mencukupi kebutuhan negara, terbangunnya infrastruktur dan harga yang mampu bersaing,” jelas Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies Marwan Batubara.

Proyek pembangunan infrastruktur gas pipeline membutuhkan biaya yang besar. Selain pabriknya, butuh dibangun pipa transmisi yang menyalurkan dari pabrik ke tempat tujuan, dan pipa distribusi yang berfungsi meneruskan gas dari pipa transmisi ke konsumen. Di Pulau Jawa sudah ada pipa transmisi dan distribusi, tapi masih belum berkesinambungan satu sama lain.

Investasi yang sangat besar ini membutuhkan jaminan adanya pasokan yang bertahan untuk jangka panjang, infrastruktur dan jaminan jumlah konsumen.

Dalam keberjalanannya, industri gas di Indonesia malah dicampur tangani oleh swasta. Parahnya lagi, jumlah broker yang menghambat sampainya produk ke konsumen masih merajalela. Padahal sesuai amanat dari undang-undang dasar pasal 33, BUMN memiliki hak monopoli atas kekayaan alam dan dioleh untuk kesejahteraan rakyatnya.

“Pemerintah seharusnya mulai menghentikan swasta dan mengoptimalkan BUMN,” kata Marwan ke Geo Energi (13/4). (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here