SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Selain akan memanfaatkan tenaga nuklir dalam pembangunan PLTN di Serpong, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) juga berencana akan membangun proyek PLTN di Pulau Bangka Belitung (Babel).

Diharapkan pemangunan pembangkit listrik bertenaga nuklir ini akan bisa mengatasi permasalahan kebutuhan listrik di wilayah Sumatera.

“Potensi di Babel 10 ribu MW, jadi bisa dibangun PLTN di Pulau Bangka dengan asumsi bisa melistriki Sumatera, bisa jadi lumbung energi, malah kalau lebih bisa ditransfer ke Jawa juga,” ujar Djarot saat diskusi “Energi Kita: PLTN yang aman dan efisien untuk atasi krisis listrik”, Jakarta, Minggu (12/4)

Menurutnya, dalam kurun waktu 2011-2013 pihaknya telah melakukan studi tapak di Pulau Babel untuk dijadikan tempat pembangunan PLTN. “Teryata hasilnya aman dari gempa sehingga memungkinkan untuk bisa dibangun PLTN,” kata Djarot.

Belum lama ini, pemerintah Tiongkok pun siap menanamkan investasi sebesar US$ 12,5 miliar untuk membangun PLTN berkapasitas 5 x 1.000 Megawatt (MW) di sana jika pemerintah Indonesia memberi lampu hijau mengenai pemanfaatan nuklir.

“Saya pastikan kalau 100 persen dana berasal dari Tiongkok. Tapi penggunaan produk dalam negeri (TKDN) lebih dari 70 persen,” tutur Direktur Utama PT Industri Nuklir Indonesia (Inuki) Yudi Utomo beberapa waktu lalu. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here