SHARE
Foto:lensaindonesia

Jakarta, GEO ENERGI – Hakim tunggal Asiadi Sembiring menolak gugatan praperadilan yang dilayangkan Sutan Bhatoegana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pada amar putusannya hakim berpendapat bahwa berkas perkara Sutan telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sehingga bukan ranah sidang praperadilan.

“Menetapkan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Sutan Bhatoegana gugur,” kata hakim Asiadi dalam sidang di PN Jaksel Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (13/4).

Hakim berpendapat berdasarkan pasal 82 ayat 1 huruf (d) maka praperadilan digugurkan. “Maka sesuai dengan pasal 82 ayat 1 huruf d harus dinyatakan gugur,” ucap Asiadi.

Pada putusannya juga hakim Asiadi sempat membacakan beberapa bukti yang disampaikan KPK berupa salinan penetapan majelis hakim PN Tipikor bahwa sidang Sutan telah dimulai sejak Senin (6/4) pekan lalu.

“Menimbang bahwa bukti surat pelimpahan perkara atas nama Sutan Bhatoegana bahwa telah dilimpahkan pada 26 Maret 2015,” kata Asiadi.

Selain itu, dalam pertimbangannya hakim mengacu pada Pasal 77 dan 82 KUHAP dimana penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah sah.

Sementara itu, kuasa hukum KPK Nur Chusniah mengaku telah memprediksi hasil sidang tersebut. “Sudah, kami sudah memprediksi hasilnya dari awal kalau bakal digugurkan,” tuturnya.

Pada hari ini mantan Ketua Komisi VII DPR dijadwalkan akan diperiksa di pengadilan tipikor atas dugaan gratifikasi dalam pembahasan APBN Perubahan tahun 2013. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here