SHARE
istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Menanggapi adanya masukan mengenai wacana diterapkannya insentif untuk izin ekspor kepada perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Freeport , akil Ketua Komisi VII DPR Zairullah Azhar mendukung diberikannya insentif ijin seperti itu untuk PT WHW Kalbar. Pasalnya, ada ribuan pekerja yang nasibnya bergantung hidup dari PT WHW Kalbar.

“Kita telah melihat langsung PT. WHW tentang teknis pembangunan terutama pembangunan bauksit. Ini sudah cukup maksimal. bahkan prosentase pembangunan sudah mencapai 50%,” papar Zairullah.

Zairullah menambahkan bahwa terdapat beberapa catatan penting saat kunjungan ke Kabupaten Ketapang ini. Diantaranya bahwa akan ada ribuan orang bergantung hidup atas kelangsungan PT WHW, dimana jika hal itu distop, akan banyak pengangguran baru dan hal itu juga akan berdampak pada meningkatnya tingkat kriminalitas di wilayah tersebut.

Menurutnya, Pemda Ketapang juga memberikan catatan bahwa adanya penurunan dana perimbangan maupun lain-lainnya karena perusahaan ini tidak mendapatkan izin ekspor.

“Ini semua untuk kepentingan Masyarakat Kalimantan Barat, dan berdasarkan laporan Pemda juga terjadi penurunanan dana perimbangan maupun lain-lain. alasan objektif kita akan kita diskusikan kembali dengan Pemerintah dan segera memformulasikan menjadi rekomendasi agar segera terealisasikan,” katanya.

Berdasarkan penerapan UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba). UU tersebut melarang ekspor mentah barang tambang mineral mulai 2014, dengan mewajibkan pengolahan dilakukan di dalam negeri. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here