SHARE
Foto: .arrahmah

JAKARTA, GEO ENERGI – Ketua tim kuasa hukum Sutan Bhatoegan, Eggy Sudjana menuding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan perbuatan melawan hukum terkait dengan ketidakhadirannya pada sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Kita akan melaporkan KPK karena kita anggap telah berbuat sewenang-sewang dengan melimpahkan kasus Sutan ke Tipikor, padahal Sutan sedang mengajukan praperadilan di pengadilan,” ancam Eggy ketika ditemui di PN Jaksel, Senin (6/4).

Dia menyebut, perbuatan KPK yang tak hadir dalam sidang perdana pada 23 Maret 2015 dinilainya telah melanggar Pasal 21 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka atau terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi dipidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 12 tahun atau denda paling sedikit Rp 150 juta dan paling banyak 600 juta‎,” jelas Eggi mengutip isi pasal tersebut.

Eggi mengatakan, sidang praperadilan terhadap Sutan akan gugur jika berkas perkaranya mulai diperiksa. Bahkan dia menilai bahwa sidang Sutan di Tipikor hanya akal-akalannya KPK. “Praperadilan itu batal kalau mulai diperiksa, bukan dilimpahkan. Ini kan belum diperiksa,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, hari ini Sutan menghadapi sidang perdana atas dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait penetapan APBN-P Kementerian ESDM di saat dia menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR RI. Namun sidang tersebut ditunda disebabkan Sutan meminta izin kepada majelis hakim untuk berobat behel giginya.

Ketika disinggung mengenai hadirnya Sutan di PN Tipikor tanpa didampingi kuasa hukum, Eggi menanggapinya dengan santai. Menurutnya, Sutan tidak bisa diperiksa sebab pengacaranya sedang berada di PN Jaksel.

“Lah saya di sini, tidak bisa diperiksa. Kemarin saja KPK tidak hadir juga tidak bisa diperiksa,” kata Eggi. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here