SHARE
AFP Photo

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah Rusia hanya akan memperpanjang kontrak potongan harga gas dengan Ukraina untuk tiga bulan.

Rusia mempertimbangkan permintaan European Commisision (EC), perihal perusahaan gas negara milik Ukraina Naftogaz, untuk memperpanjang diskon penjualan gas untuk Ukraina.

Melalui proposalnya yang diterima oleh Gazprom, perusahaan gas negara milik Rusia, (27/3) EC meminta Rusia memberikan diskon sampai tahun Maret 2016. Akan tetapi Menteri Energi Rusia Alexander Novak (30/3) mengatakan bahwa diskon tersebut hanya akan diperpanjanang untuk tiga bulan.

“Masalah ini akan diselesaikan secepatnya,” kata Novak melalui wawancara di televisi Rusia.

EC tidak memberikan alasan spesifik mengenai proposalnya, akan tetapi anggota mereka di Eropa Barat menerima banyak gas dari Rusia melalui jalur pipa milik Ukraina. Selama ini, Ukraina sudah berselisih dengan Rusia satu dekade terakhir ini tentang harga gas dan sedang mencari sumber alternatif.

Rusia sudah tiga kali memperpanjang pengiriman gas melalui Ukraina, pada tahun 2006, 2009 dan 2014. Dua perpanjangan sebelumnya memberikan efek pada konsumen Rusia di Eropa Barat. (GDH/OP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here