SHARE
Istimewa
Jakarta, GEO ENERGI – Pembangunan infrastruktur PT Bukit Asam (Persero) Tbk. untuk penunjang usahanya yang kini merambah ke berbagai sektor lain selain penambangan batubara, kini segera siap untuk beroperasi. PTBA sudah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banjarsari sebesar 2×110 MW di mulut tambang beserta infrastrukturnya di Lahat, Sumatera Selatan. Saat ini statusnya telah siap untuk beroperasi secara komersial dan statusnya hanya tinggal menunggu untuk masuk ke Jaringan Interkoneksi Sumatera Bagian Selatan milik PLN yang dijadwalkan terealisasi pada Triwulan II tahun ini.
“Diusahakan April ini akan siap beroperasi. Hanya tinggal menunggu status dari PLN. Karena memang ini proyek kami dengan pemerintah dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan PLN. Hal ini sebagai wujud dukungan kami terhadap proyek pemerintah membangun tambahan listrik 35.000 MW. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar PLTU itu, PTBA memasok 1,4 juta ton batubara per tahunnya,”ujar Joko Pramono, Sekretaris Korporasi PTBA seuasi Konferensi Pers RUPS PTBA di Jakarta Selatan, Senin (30/3).
Demikian juga dengan peningkatan kapasitas Pelabuhan Tarahan di Bandar Lampung menjadi 25juta ton per tahun dijadwalkan akan mulai beroperasi pada Triwulan II tahun ini. Dengan peningkatan kapasitas ini, Pelabuhan Tarahan dilengkapi dengan tambahan satu dermaga (jetty) baru berkapasitas mencapai 210.000 DWT (Capesize) di samping dermaga lama berkapasitas 80.000 DWT (Panamax), serta satu dermaga tongkang dengan kapasitas 10.000 DWT.
“Kami juga sudah membangun dermaga yang bisa menampung berat tiga kali dari kapal biasanya. Dengan selesainya peningkatan kapasitas pelabuhan ini, termasuk kapasitas sandr kapal, maka keberadaan Pelabuhan Tarahan ini membuat semakin kompetitifnya batubara PTBA di pasar internasional,” ungkap Milawarma, Direktur Utama PTBA.
terlebih, tambah Mila, dengan sudah dilengkapinya pelabuhan dengan dukungan PLTU milik PTBA sendiri untuk memenuhi kebutuhan listrik produksinya, membuat operasional pelabuhan menjadi semakin handal dan efisien. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here