SHARE
Foto: Albert/Geo Enertgi
Jakarta, GEO ENERGI – Praktisi Energi Hasto Kristiyoni menilai rencana pemerintah menaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) pada bulan April mendatang adalah sesuatu hal yang tak bisa dihindari.
“Penyesuaian TDL tak bisa dihandari dan itu sebuah keniscayaan. Jika kita sudah tau cost kita berapa, tak akan ada penyesuaian-penyesuaian itu. Karena kita bisa mengkontrol semua komponen biayanya,” kata Hasto kepada Geo Energi di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Hasto yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Sumberdaya Sewatama mengatakan, tertekannya nilai rupiah terhadap dollar mempengaruhi biaya produksi ketenagalistrikan.
“Kita tahu negara kita belum bisa membuat listrik sendiri, produksi komponen sendiri, dan semuanya garus diekspor dari luar, beli spare part, beli pelumas, dll. Jadi meskipun harga minyaknya turun, tapi kalau nilai rupiahnya melemah seperti ini akhirnya ongkosnya naik juga, sehingga kita harus melihatnya secara kongkret,” jelasnya.
Dia berharap pemerintah memberikan regulasi pemakaian komponen lokal di sektor kelistrikan. Jika hal ini dilakukan tentunya akan bisa menghemat ongkos produksi.
“Sekarang penggalangan konten lokal menjadi penting sekali. Hari ini semua mesin dan komponannya masih impor. Sudah pasti akan kena imbas ekonomi global,” pungkas Hasto. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here