SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI– Jumat (17/3), pemerintah memutuskan bahwa per tanggal 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB harga BBM jenis Bensin Premium RON 88 di Wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali dan jenis Minyak Solar Subsidi perlu mengalami kenaikan harga, masing-masing sebesar Rp. 500/liter. Sedangkan untuk harga Minyak Tanah dinyatakan tetap, yaitu Rp. 2.500/liter (termasuk PPN).

Solar yang semula Rp 6.400 menjadi Rp 6.900/liter, dan Premium yang semula Rp 6.500 menjadi Rp 7.300/liter.

Plt. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementian ESDM, IGN Waratmaja dalam keterangan pers tertulisnya menjelaskan, bahwa keputusan tersebut diambil karena melihat dinamika dan perkembangan harga minyak dunia, namun Pemerintah tetap memperhatikan kestabilan sosial ekonomi, pengelolaan harga dan logistik.

Tamabahnya, Untuk menjaga akuntabilitas publik, auditor pemerintah maupun Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dilibatkan. Audit itu mencakup realisasi volume pendistribusian jenis BBM tertentu, penugasan khusus, besaran harga dasar, biaya penugasan pada periode yang telah ditetapkan, besaran subsidi, hingga pemanfaatan selisih-lebih dari harga jual eceran. (HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here