SHARE
Foto : Greenpeace

Jakarta, GEO ENERGI – Presiden Jokowi menugaskan kementerian terkait untuk meninjau kembali izin konsesi yang merusak ekosistem gambut, namun sampai saat ini tidak terlihat tindakannya.

“Wilayah moratorium sudah mengalami tujuh kali revisi, namun belum menampakkan keseriusan pemerintah dalam menyelematkan hutan alam di Indonesia,” ujar Muhammad Kosar, Pengkampanye Forest Watch Indonesia dalam Konferensi Pers Koalisi Masyarakat Sipil untuk Perlindungan Hutan dan Iklim Global di Gedung Manggala Wanabhakti, Kamis (26/3).

Beliau juga menambahkan, kebijakan tersebut belum melihat hutan alam sebagai ekosistem yang integral, namun hanya semata-mata melindungi hutan alam primer dan mengabaikan hutan sekunder. “Analisis kami menunjukkan, hingga tahun 2013 Indonesia memiliki tutupan hutan alam seluas 82,5 juta hektare yang bila dibandingkan dengan kondisi tahun 2009 telah terjadi kehilangan hutan alam sebesar 4,6 juta hektare. Seperempat di antaranya justru berada dalam wilayah moratorium,” tutupnya. (NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here