SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Sidang gugatan praperadilan mantan Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditunda. Penundaan ini lantaran pihak termohon yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak hadir alias mangkir dari persidangan.

Sidang perdana yang dipimpin oleh Hakim Tunggal Asiadi Sembiring itu beragendakan mendengarkan pembacaan permohonan gugatan. Namun lantaran KPK tak hadir, sidang ditunda hingga 6 April 2015.  

“Karena akan masuk hari Paskah dan saya mau kembali ke Medan. Jadi persidangan akan kami tunda sampai tanggal 6 April atau dua minggu lagi,” kata Asiadi dalam di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (23/3).

Dia berharap pada sidang selanjutnya kedua belah pihak, baik pemohon ataupun termohon dapat menghadiri persidangan. “Jadi pihak termohon tidak lagi dipanggil-panggil seperti ini,” ujarnya.

Sutan Bhatoegana mengajukan gugatan praperadilan lantaran tidak terima atas putusan KPK yang menetapkan dirinya sebagai tersangka atas dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait penetapan dan pembahasan APBNP 2013 di Kementerian ESDM, 14 Mei 2014.

Atas perbuatan tersebut, Sutan dijerat Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here